Test

Leave a comment

August 30, 2014 · 11:23 am

Progress RSG 12, 26 April 2011

Yeah! AKhirnya tahap penintaan sudah selesai! Sekarang baru masuk tahap editing + tone + dialog.. Haduh, Bener-bener lama banget.. @_@ No complaint.. No complaint… hohohoho

halaman-halaman terakhir yang ditinta.. masih perlu dilengkapi dengan latar belakang

Belakangan sempat kepikiran untuk berhenti menggambar lagi, dan ada waktu di mana emo-emo-time ku kumat lagi. Sempat juga beberapa hari aku nggak menggambar lagi, tapi.. puji Tuhan sepertinya memang terbukti, aku nggak semangat kalo nggak menggambar.. Karena itu, bersyukurlah selagi kita ada kesempatan untuk terus berkarya meskipun hanya ada waktu beberapa jam dalam sehari.

So eniwei, saat post blog ini naik, aku juga sedang mulai mengerjakan edit tone dan pewarnaan hitam. Semoga aku bisa segera menunjukkan hasil dalam waktu dekat.. (>_<)/ FIGHT YO, DIRIKU

1 Comment

Filed under update

Progress RSG 12 – 13 April 2011

Tahap Pencilling sudah selesai.. Sekarang masuk ke tahap Penintaan..

ink progress 1


Meskipun lambat, progress pembuatan terus berjalan kok😀

ink progress 2

Nah, saatnya balik ke kerjaan demi masa depan :p

Leave a comment

Filed under update

Ideas, gotta catch ’em all!

Hatsune Miku - gambar ga da hubungan sama artikel :p

Sebelum kita menggambar, kita kudu punya ide di dalam kepala kita kan? Nah, dari mana datangnya makhluk yang disebut ‘ide’ ini? Menurut beberapa buku yang kubaca dahulu, yang disebut ‘ide’ itu jumlahnya ada banyak sekali. Dan kebanyakan dari mereka itu ‘beterbangan’ di sekeliling kita. Kita hanya perlu teliti dan kreatif dalam menangkapnya.

Berdasarkan cara munculnya, Ada 2 macam ide yang kenali. pertama, ide yang munculnya tiba-tiba, yang menurut bahasaku disebut saat ‘ting!’ kita. Apa maksudnya ‘ting!’ itu, ya ide tersebut tiba-tiba saja muncul di dalam kepala kita, ting! gtu.. Tanpa diundang. Kejadiannya bisa di mana aja, di tempat kerja, tempat tidur, sampe d wc sekalipun, entah bagaimana, muncul aja gtu. Kayak lagi dapat wangsit kali yah.

Trus, jenis kedua yaitu dengan cara banyak-banyak melihat karya-karya bikinan orang lain. Bisa teman-teman kita, seniman-seniman favorit kita, sampai papan reklame dan iklan Di TV, apa saja diliat saja dulu. Tujuannya bukan untuk ‘meniru’ saja (meskipun untuk mendalami karya itu, ga ada salahnya coba niru), tapi lebih untuk ‘memperkaya wawasan’ sehingga kita selalu memiliki stok inspirasi untuk digunakan pada saat kering ide.

Sebenarnya Ga masalah sih jenis ide manapun yang muncul Di kepala kita, yang penting itu bagaimana kita bisa ‘menangkap’ ide tersebut pada saat mereka muncul. Peralatan yang kita butuhkan sederhana bgt. Notes kecil yang bisa dibawa kemana-mana sama alat tulis. Pada saat ‘ting’ ide itu muncul, langsung deh catet, tulis, coret-coret, visualisasikan seringkas tapi jelas. Selamat, kamu berhasil menangkap ‘seekor’ ide. (BGM: final fantasy’s victory song).. Kuncinya sih, jangan dipending kelamaan. Kebanyakan orang pada saat ide itu muncul, biasanya mikir ‘wow.. Ide bagus nih.. Nanti diperdalam dulu deh’ .. <- kayak gini. Dan biasanya berakhir jadi "waduh? tadi kayaknya aku Ada ide bagus deh.. Errr.. Apa yaaa?". Makanya biasain agar selalu bawa notes, atau buku apa pun yang bisa dibawa ke mana-mana. Ow.. Jgn lupa alat tulisnya :p (pengalaman pribadi: sering dapat ide, buku tulisnya ada tapi pensil/pulpennya ga bawa). Hehehe.

Kesimpulannya, tangkaplah ide yang dapat kamu temukan sebanyak-banyaknya. Nggak ada ruginya. Biasanya pada saat kita lagi suntuk ngerjain sesuatu, pada saat kita liat2 kumpulan ide yang udah kita catet Di situ, kita bisa jadi bersemangat lagi loh. Dan yang paling penting itu adalah, jangan berhenti ‘bergerak’, termasuk di saat lagi suntuk sekalipun. Emang pada saatnya kita lagi suntuk, kita malas buat gambar lagi, tapi usahakan badan tetap bergerak. Entah senam-senam kecil, atau jalan-jalan, pokoknya gerakin seluruh tubuh. Pusat kreativitas kita ada di dalam otak kita, dan otak perlu asupan oksigen yang diedarkan oleh darah untuk beroperasi dengan baik, dan menggerakkan tubuh akan melatih jantung bekerja lebih keras (sedikit), dan mengedarkan darah yang mengandung oksigen itu lebih banyak ke otak. Karena itulah menggerakkan tubuh itu sangat membantu dalam proses kreatif kita.

Leave a comment

Filed under Coretan Iseng, making_story, My Journal, Uncategorized

Progress report RSG 24 Maret 2011

Wow.. Udah lama Banget nih nggak buka-buka wordpress lagi. Sejak terakhir aku meng-update perkembangan RSG sampai sekarang terlalu banyak kejadian-kejadian di kehidupan pribadiku sehingga mempengaruhi jadwal hidupku tiap hari. Yang tentu aja ngaruh juga ke jadwal pembuatab RSG 12 ini. Meskipun gitu, aku tetap usahakan untuk terus menggambar.

Beberapa halaman RSG 12 yang lagi aku kerjain

Memang ada waktu-waktu tertentu di mana aku ngerasa bener-bener suntuk dan bete banget bt menggambar. Tapi sejauh ini aku bersyukur karena cerita ini sudah semakin mendekati akhir (arc pertamanya). Kalau membayangkan gimana cerita ini sebentar lagi akan diakhiri aku jadi sedikit bersemangat.. Soalnya setelah RSG aku udah pengen mencoba buat cerita yang lain lagi. Sebenarnya aku sudah memulainya, tetapi cerita baru ini nggak bisa aku kerjain dgn benar karena masih ‘terganggu’ dengan RSG yang masih belum selesai. Karena itu, aku memutuskan untuk balik konsen menyelesaikan RSG, mumpung sebentar lagi sudah mau selesai. Sepertinya sih progress cerita RSG ni sedikit berbeda dari yang aku perkirakan dari awal-awal aku merancang RSG. Tetapi di lain sisi sebagai pengarangnya sendiri, aku juga merasa excite banget untuk sampai ke akhir cerita ini nantinya.

1 halaman sketsa dalam 1 hari

Alasan belakangan ini makin jarang online dan update berita di blog ini, nggak jauh-jauh beda dari sebelumnya.. S.I.B.U.K.B.G.T (-_-!) Entah mengapa di saat-saat seperti ini aku jadi kangen saat-saat masih SMU atau kuliah, di mana saat itu waktu luangku sangat berlimpah. Saat itu aku juga banyak menggambar dan bikin cerita, tapi nggak ada yang benar-benar selesai. Plus karena aku mengerjakan ini sendiri, jadi yah nggak heran deh kalo lambat banget. Komikus kenalanku Kentasennin udah pernah nyaranin aku untuk bikin ‘tim’ supaya bisa lanjutin RSG. Saran yang masuk akal sih sebenarnya. Tetapi, ada kendala utama di saran itu. Untuk bikin tim yang solid, perlu nge-lobi kenalan yang cukup ‘dekat’, dan punya ‘skill’ yang memadai, dan rela untuk kerja ‘gratis’ pula. Well, di kehidupan pribadiku, aku termasuk yang cukup introvert, jadi teman-temanku yang cukup ‘dekat’ itu jumlahnya nggak banyak.. tapi biasanya nggak punya ‘skill’ yang aku butuhkan.. karena rata-rata mereka bukan orang yang suka menggambar / bisa menggambar dengan benar. Misalkan ada yang rela ‘mengabdikan diri’ untuk belajar pun, aku sendiri ngerasa aku masih belum bisa untuk memberikan ‘reward’ atas bantuan mereka nantinya. Karena itulah aku memutuskan untuk mencoba jalanin proses ini sendiri.. Dan bukannya anti sosial, tapi aku cukup suka dengan situasi ‘kesendirian’ dalam mengerjakan ini. Mungkin karena diriku pada dasarnya introvert kali yah.. hehehe :p

So, cukup sekian dulu curhat colongannya.. Balik ke RSG 12, aku sudah hampir menyelesaikan pencilling sebanyak +16 halaman.. Kemungkinan chapter ini akan memakan 20+ halaman. Setelah proses ini, kemungkinan aku akan masuk ke tahap Inking sekalian revisi background yang lumayan pusing. Hehe

Dikerjakan di pagi hari..

Masih ada beberapa halaman sketsa sampai bener-bener selesai nih. Aku pengennya bisa cepat-cepat selesaikan cerita ini, tapi situasiku nggak mengijinkan untuk itu, jadi aku hanya bisa melakukan sebisa yang aku bisa lakukan deh.. Prinsip-nya meskipun sedikit, usahakan setiap hari ada progress yang kita lakukan untuk cerita kita. Buat teman-teman yang sedang berjuang bikin komik mereka… Berusahalah \^^/ FIGHT! Bikin komik emang ga mudah kok.. Tapi Enjoy aja! Okey!

2 Comments

Filed under Coretan Iseng, My Journal, update

Happy New Year 2011 plus Progress Report RSG 12

Akhir tahun yang bener-bener sibuk.. Pertama “Selamat Tahun Baru 2011!”. Aku menyesal karena terlalu telat buat ngucapin “Selamat Natal” yah, apa boleh buat deh.. Tahun kemaren Ga sempat bikin ‘hadiah’ Natal buat serial ini.

Terus sekalian laporan perkembangan RSG12 yang lagi dikerjain.

sketsa utama 3 halaman + tracing utama 1 halaman

sketsa utama 3 halaman + tracing utama 1 halaman

Aku baru masuk tahap sketsa utama dan sekalian coba tracing halaman pertama. Semoga berjalan lancar untuk ke depannya. ^_^

2 Comments

Filed under update

Progress Report RSG 12 – 14 Desember 2010

Sebenarnya rada tumben juga aku beberapa hari ni jadi bersemangat untuk menulis jurnal di blog ini. Jadi langsung aja deh, laporan perkembangan “Ready, Study, Go!” episode ke-12 yang sedang aku kerjakan. Setelah semalam suntuk coret coret di kertas, akhirnya aku sudah bisa mendapatkan gambaran kasar bagaimana chapter 12 akan berjalan.

finaldraft

Final draft untuk plot "Ready, Study, Go!" 12. Maaf ya sengaja nggak dibikin besar supaya ceritanya nggak ketahuan dulu sekarang :p

Karena itu seperti biasa pagi ini aku langsung membuat name awal mumpung gambaran di kepala masih lumayan fresh. Mungkin pengaruh dari bacaan yang aku sebutkan di 2 post sebelum ini, aku mengerjakan ini tanpa merasa perlu terbeban dengan bagaimana hasilnya. Sebenarnya semalam pun pada saat menetapkan plot-nya aku masih agak kuatir bagaimana cerita ini akan berjalan. Apakah masih nyambung sama episode sebelumnya? Apakah intinya masih tetap ‘inti RSG’ yaitu tentang belajar? (karena sepertinya di chapter ini nggak menyentuh soal belajar sama sekali, semoga di chapter 13 aku bisa balikin lagi), tapi aku coba paksain sewajarnya dulu sampai di tujuan akhirnya. Pagi ini jadinya aku berhasil membuat 3 halaman name awal.

name1

Cikal bakal halaman pertama RSG 12.. (kemungkinan :p)

name2

.. dan halaman 2 dan 3

yah, fungsi name itu juga hanya sebagai panduan, jadi ada kemungkinan pada saat aku kerjain komiknya di naskah sebenarnya malah jadi berubah sesuai keadaan. Tapi untuk saat ini aku rasa plot awalnya sudah cukup baik. Aku nggak sabar buat nerusin halaman selanjutnya nanti ^^> Tunggu update selanjutnya yah..

4 Comments

Filed under My Journal